Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1


Bincang Santai IGI Cimahi (BI SIMI)

Alhamdulillah, mengawali tahun yang baru IGI Kota Cimahi mengadakan kegiatan short time live webinar yang merupakan kegiatan perdana di tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2024, dengan mengangkat Tema tentang Implementasi Kurikulum Merdeka terkait pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang di paparkan oleh Ibu Titin Supriatin, S.Pd yang merupakan Guru di SMPN 1 Cimahi dan juga anggota IGI Kota Cimahi serta Penggerak Literasi di Kota Cimahi. Short time live webinar tersebut diikuti oleh Guru dari berbagai tingkatan mulai dari Guru SD hingga SMA/SMK, bahkan diikuti oleh penggerak pendidikan di tingkat Universitas di Indonesia.

Pelaksanaan P5 di tiap sekolah sangat beragam, tema dan topik yang diangkat pada kegiatan P5 disesuaikan dengan isu hangat atau berita terkini yang sedang terjadi disekitar lingkungan sekolah. Sehingga pada pelaksanaannya akan beragam, benang merah yang dapat ditarik dalam pelaksanaan P5 adalah tujuh tema yang telah ditetapkan Kemendikbud untuk jenjang SD sampai SMA/SMK pada akhirnya harus dilaksanakan secara keseluruhan di masing-masing sekolah untuk membentuk karakter peserta didik agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Keberhasilan pelaksanaan P5 di sekolah terletak pada kebersamaan tim guru pelaksana P5 yang telah ditunjuk dan di SK kan oleh Kepala Sekolah. Dengan adanya pembagian tugas dalam tim dalam melaksanakan program P5 maka akan membantu guru dalam meningkatkan kapasitasnya dalam membangun karakter positif peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu dengan adanya kerjasama yang baik di dalam tim maka guru akan mengetahui kompetensi apa yang harus diberikan pada peserta didik, sehingga tim dapat mengembangkan modul P5 sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik dan sesuai dengan karakteristik daerah dimana peserta didik menuntut ilmu.

Semoga dengan adanya kegiatan BI SIMI yang diselenggarakan oleh IGI Kota Cimahi, guru-guru akan lebih termotivasi untuk memberikan pembelajaran bermakna bagi peserta didik, sehingga harapannya akan meningkatkan keinginan peserta didik untuk menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat.

1 komentar untuk "Bincang Santai IGI Cimahi (BI SIMI)"